Pola yang sama diterapkan selama
mengikuti PembaTIK level 2. Tujuan utama dari PembaTIK Level 2 adalah mengimplementasikan
pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, serta melaksanakan praktik baik pemanfaatan
Platform Teknologi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Aktivitas Pre Test
Level 2 dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2024. Kegiatan pembelajaran daring dilaksanakan
mulai tanggal 18 sampai 30 Agustus yang diperkuat dn diperdalam dengan kegiatan
webinar tahap implementasi pada tanggal 21 Agustus 2024. Di level 2 PembaTIK terdapat 3 modul yang harus dikuasai,
yakni:
§ Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam
Pembelajaran Abad 21.
§ Penerapan Model Pembelajaran Berbasis
Sumber Belajar Digital.
§ Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK
dalam Pembelajaran.
Tugas akhir di Level 2 mulai
membutuhkan perencanaan dan persiapan yang lebih matang dan waktu yang lebih
panjang. Selain kemampuan mempelajari berbagai platform digital dalam
pembelajaran, kita juga dituntut untuk mengimplementasikan pemanfaatan TIK dalam
kegiatan pembelajaran sebagai salah satu bentuk pemanfaatan Inovasi
Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka.
Tantangan yang dihadapi pada tahap
perencanaan adalah memiih beberapa platform teknologi dari sekian banyak
platform yang tersedia. Kegiatan ini menantang karena kemampuan menganalisa
kita betu-betul diuji. Bagaimana kita bisa memilih platform teknologi yang
tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan dimana kita mengajar. Saat memilih,
kita harus mampu memprediksi apakah kira-kira integrasi teknologi dalam
pembelajaran yang direncanakan akan benar-benar mampu diimplementasikan dengan
baik di tempat kita bertugas. Kalau tahap ini terlewatkan, bisa jadi tahap
implementasi yang akan dilaksanakan tidak efektif dan tidak tepat sasaran, sehingga berdampak
pada kualitas pembelajaran. Bukannya membantu siswa untuk mempermudah proses
pembelajaran, tapi sebaliknya bisa menjadi bumerang yang menyebabkan siswa
kapok dan tidak antusias lagi dalam memanfaatkan teknologi untuk hal yang
bersifat akademis.
Akhirnya diputuskan untuk memanfaatkan
dengan optimal canva for education dan quizizz untuk implementasi
pembelajaran di level 2. Pertimbangan yang dipakai adalah proses integrasi
teknologi dalam pembelajaran harus dimulai dari teknologi yang tidak terlalu
rumit dan unsur entertain nya lebih kental supaya bisa menarik minat dan
perhatian siswa dalam pembelajaran. Hal
ini diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan keinginan mengulang
kegiatan pembelajaran (adiksi belajar) yang dirasakan oleh mereka sebagai
kegiatan menyenangkan saat memanfaatkan teknologi untuk hal yang lebih
bermanfaat dan sesuai dengan tugas utama mereka sebagai pelajar.
Tantangan yang dialami saat tahap
implementasi diantaranya adalah pada tahap mempersiapkan perangkat teknologi
yang diperlukan pada saat pembelajaran berlangsung, di masa pergantian jam
pelajaran yang cukup singkat, sebisa mungkin diupayakan agar tahap tersebut
bisa selesai dengan baik dan tidak memakan waktu terlalu lama. Selain itu
adalah pada saat pelaksanaan asesmen di akhir pembelajaran terjadi kendala tak
terduga, karena alat evaluasi yang menggunakan quizizz mode kertas mendadak
tidak bisa digunakan. Namun setelah pergantian perangkat, kegiatan asesmen bisa
berlangsung dengan lancar dan siswa terlihat senang tanpa tekanan. Berikut
video tahap implementasi PembaTIK Level 2 yang sudah dilaksanakan dengan
pendekatan Cooperative Learning di SMP Negeri 2 Gununghalu:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar