Minggu, 27 Oktober 2024

PembaTIK Level 2 : Penerapan TIK Dalam Pembelajaran

 

Pola yang sama diterapkan selama mengikuti PembaTIK level 2. Tujuan utama dari PembaTIK Level 2 adalah mengimplementasikan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, serta melaksanakan praktik baik pemanfaatan Platform Teknologi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Aktivitas Pre Test Level 2 dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2024.  Kegiatan pembelajaran daring dilaksanakan mulai tanggal 18 sampai 30 Agustus yang diperkuat dn diperdalam dengan kegiatan webinar tahap implementasi pada tanggal 21 Agustus 2024. Di level 2  PembaTIK terdapat 3 modul yang harus dikuasai, yakni:

§  Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21.

§  Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital.

§  Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK dalam Pembelajaran.

Tugas akhir di Level 2 mulai membutuhkan perencanaan dan persiapan yang lebih matang dan waktu yang lebih panjang. Selain kemampuan mempelajari berbagai platform digital dalam pembelajaran, kita juga dituntut untuk mengimplementasikan pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran sebagai salah satu bentuk pemanfaatan Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka.

Tantangan yang dihadapi pada tahap perencanaan adalah memiih beberapa platform teknologi dari sekian banyak platform yang tersedia. Kegiatan ini menantang karena kemampuan menganalisa kita betu-betul diuji. Bagaimana kita bisa memilih platform teknologi yang tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan dimana kita mengajar. Saat memilih, kita harus mampu memprediksi apakah kira-kira integrasi teknologi dalam pembelajaran yang direncanakan akan benar-benar mampu diimplementasikan dengan baik di tempat kita bertugas. Kalau tahap ini terlewatkan, bisa jadi tahap implementasi yang akan dilaksanakan tidak efektif  dan tidak tepat sasaran, sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran. Bukannya membantu siswa untuk mempermudah proses pembelajaran, tapi sebaliknya bisa menjadi bumerang yang menyebabkan siswa kapok dan tidak antusias lagi dalam memanfaatkan teknologi untuk hal yang bersifat akademis.

Akhirnya diputuskan untuk memanfaatkan dengan optimal canva for education dan quizizz untuk implementasi pembelajaran di level 2. Pertimbangan yang dipakai adalah proses integrasi teknologi dalam pembelajaran harus dimulai dari teknologi yang tidak terlalu rumit dan unsur entertain nya lebih kental supaya bisa menarik minat dan perhatian  siswa dalam pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan keinginan mengulang kegiatan pembelajaran (adiksi belajar) yang dirasakan oleh mereka sebagai kegiatan menyenangkan saat memanfaatkan teknologi untuk hal yang lebih bermanfaat dan sesuai dengan tugas utama mereka sebagai pelajar.

Tantangan yang dialami saat tahap implementasi diantaranya adalah pada tahap mempersiapkan perangkat teknologi yang diperlukan pada saat pembelajaran berlangsung, di masa pergantian jam pelajaran yang cukup singkat, sebisa mungkin diupayakan agar tahap tersebut bisa selesai dengan baik dan tidak memakan waktu terlalu lama. Selain itu adalah pada saat pelaksanaan asesmen di akhir pembelajaran terjadi kendala tak terduga, karena alat evaluasi yang menggunakan quizizz mode kertas mendadak tidak bisa digunakan. Namun setelah pergantian perangkat, kegiatan asesmen bisa berlangsung dengan lancar dan siswa terlihat senang tanpa tekanan. Berikut video tahap implementasi PembaTIK Level 2 yang sudah dilaksanakan dengan pendekatan Cooperative Learning di SMP Negeri 2 Gununghalu:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS AKHIR : VLOG PEMBATIK LEVEL 4 2024

                   Vlog Pembatik Level 4 2024: Tugas akhir PembaTIK Level 4 menerapkan model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pad...